KELOMPOK DISABILITAS KELURAHAN (KDK) PILANG BERPARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN MUSRENBANG TAHUN 2025

  • Jan 20, 2024
  • Mahmud

KIM PERMATA INDAH,- Pada tanggal 19 Januari 2024 kemarin diadakannya rapat pertemuan rutin KDK, yang dihadiri oleh Kelompok Disabilitas Kelurahan (KDK), Pak Andik sebagai Fasilitator Kelurahan, Pak Lurah, Kepala Seksi Kelurahan (KASIPEMAS) yaitu Bu Rusmala, Ketua TPPKK Pilang Ibu Feni Maulida, dan Mahmud selaku LPM pilang. 

Kegiatan ini aktif dilakukan setiap bulan dan berkenaan adanya kegiatan KDK itu sendiri untuk menyalurkan aspirasi melalui forum yang telah disediakan. Adanya musrenbang yang diadakan setiap tahun di masing-masing kelurahan juga mengikutsertakan KDK dan mulai adanya program iklusi tentunya melibatkan difabel termasuk dalam rapat musrenbang dan juga tahap pra musrenbang.

Rapat atau giat yang dilakukan di Ruang Pertemuan Kelurahan Pilang sendiri membahas mengenai hambatan-hambatan yang dialami oleh teman-teman KDK, seperti sarana prasarana dan pelatihan, rencana aksi yang ada di BLK seperti kurangnya bahasa isyarat, difabel yang kurang paham tekhnologi informasi komputer, dan sarana yang kurang memudahkan disabilitas.

Hasil dari kegiatan ini sendiri harapannya adalah adanya perwakilan yang ditunjuk kemudian nantinya bisa mewakili aspirasi yang diusulkan olek KDK seperti mobilitas khusus difabel, sarana prasarananya, adanya pemberdayaan KDK seperti bertani, berkebun (pepaya dan anggur), kemudian diadakannya pelatihan bahasa isyarat, dan juga diadakannya kelompok usaha bagi difabel.

Tahun ini bisa jadi akan diadakannya perbaikan kantor kelurahan yang mana Pak Lurah akan mengusulkan untuk adanya akses bagi disabilitas yang akan dipasang mulai dari pintu masuk, aula dan beberapa titik agar warga disabilitas mendapatkan akses yang mudah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadikan Kelompok Disabilitas Kelurahan ini menjadi kelompok yang mandiri dimana didalamnya dapat mengelola sebuah organisasi, bisa saling menguatkan dan kolaborasi sesama warga kelurahan. Pun usulan yang telah diberikan KDK tentunya juga sama yaitu dengan mengikuti kamus musrenbang. 

Tak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini pula diharapkan menjadi pertemuan rutin setiap bulan agar adanya kesetaraan antar warga.